Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

KEBONSARI "MAJU-BERKAH-JAYA"  ; ........TERIMA KASIH PESERTA KKN IAIN PURWOKERTO TAHUN 2019 YANG TELAH MEMBERIKAN MOTTO DESA UNTUK BERGERAK LEBIH MAJU DAN BERKEMBANG......

MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA BULAN OKTOBER 2023

MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA BULAN OKTOBER 2023

Peristiwa Sumpah Pemuda pada 1928 menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah kelahiran ide persatuan untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Sumpah Pemuda lahir di Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 28 Oktober 1928. Latar belakang peristiwa Sumpah Pemuda pada 1928 adalah kemunculan banyak organisasi baru berbasis kepemudaan di Indonesia pada awal dekade 1920-an. Namun, mayoritas organisasi itu masih mengikatkan identitas pada unsur kedaerahan atau kelompok. Di antara organisasi pemuda yang populer pada masa itu ialah Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Minahasa, Jong Celebes, Jong Ambon, Jong Borneo, Jong Islamieten Bond, dan lain-lain. Lalu muncul gagasan untuk merajut komunikasi di antara banyak organisasi pemuda itu. Pada dekade 1920-an ini, kesadaran akan pentingnya persatuan sebagai sesama bangsa Indonesia pun mulai tumbuh. Ide kemerdekaan juga mulai menjalar di kepala para aktivis organisasi pemuda yang kebanyakan merupakan kaum terpelajar. Mereka melek huruf, punya wawasan modern, serta tahu bahwa penjajahan Belanda adalah akar keterbelakangan dan kemiskinan Bangsa Indonesia.

Tema Sumpah Pemuda 2023 tengah menjadi fokus masyarakat Indonesia. Sumpah Pemuda sendiri merupakan sebuah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Setiap tanggal 28 Oktober, warga negara Indonesia akan merayakan momen tersebut untuk menumbuhkan nasionalisme dan meningkatkan persatuan. Sedangkan pada peringatan tahun ini, tema yang diangkat bertujuan untuk menginspirasi generasi muda Indonesia dalam membangun bangsa yang lebih baik. Melalui tema tersebut, diharapkan generasi muda dapat memahami pentingnya mempertahankan berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3